Bagaimanakah Korean Language Training untuk KGSP?

korean-language-classes-in-lahore5683b821a11a7bc27099-300x145

Akhirnya Korean Language Training (KLT)-ku sudah kelar. Tepat tanggal 15 Januari 2017 aku mengikuti tes TOPIK di Pukyong University. Dan pada keesokannya (16 Jan 2017) KGSP-U Dongseo University melaksanakan graduation. Terus, bagaimana sih program KLT untuk KGSP itu?

KGSP yang sudah diterima beasiswa akan mendapatkan universitas berbeda dengan yang mereka tuju untuk kuliah S1/S2/S3, universitas beda tersebut tak lain adalah universitas untuk bahasa selama satu tahun. Universitas untuk belajar bahasa tidak bisa dipilih, juga jadwal masuknya. Karena NIIED sudah menetapkan universitas bahasa dan jam belajar satu semester sebanyak 1000 jam. Jam tersebut harus dipenuhi sehingga jika terpotong hari libur, maka harus ada jam penggantinya. Tapi tenang, tidak seluruh jam tersebut dipakai belajar di kelas dengan bosan kok, ada waktunya mengikuti kelas budaya keluar sekolah yang menyenangkan. Untuk tahu apa yang dilakukan dalam cultural activity, semua tergantung universitasnya dalam menyelenggarakan.

Terus, bagaimana dengan proses belajarnya? Pertama-tama, pihak sekolah akan menyelenggarakan placement test untuk menentukan kelas para murid baru. Setelah kelas sudah ditentukan makan dimulailah proses belajar mengajar bahasa. Dalam satu kelas, jumlah siswa berkisar antara 24-28 orang. Semua siswa adalah siswa internasional dari berbagai negara, namun guru yang mengajar tetaplah orang korea asli. Selama belajar, siswa dilarang menggunakan HP dan kelas menggunakan bahasa korea, meski terkadang juga menggunakan bahasa inggris untuk menjelaskan bebera kalimat. Namun tetap 98% kelas berbahasa korea, kecuali kalian berbicara bahasa inggris dengan teman internasional kalian. Tapi jangan takut!! Bahasa korea yang digunakan simpel dan mudah kok, bahkan tak jarang gurunya menggunakan bahasa isyarat dikala tidak bisa menjelaskan dengan bahasa inggris.

Buku pegangan yang digunakan di setiap universitas bahasa, berbeda. Di Dongseo Univ, kami menggunakan Yonsei, Sogang, Jonghapbooks, dan fotokopian. Buku yang digunakan terdapat beberapa penjelasan menggunakan bahasa inggris. Kami tidak terbiasa menggunakan kamus berbentuk buku, namun kami menggunakan buku vocab untuk hafalan.

Di dalam kelas, siswa belajar menggunakan buku dan guru menerangkan content buku yang telah dijadikan PPT. Cara belajarnya pun simpel, yaitu, menulis, membaca, mendengar, menonton video korea, dsb. Untuk siswa KGSP yang targetnya adalah TOPIK minimal level 3, mereka lebih didorong untuk belajar TOPIK setiap harinya. Memang membosankan, tapi ya apa daya.

Dalam belajar bahasa, terdapat peraturan yang berlaku secara umum, yaitu :

  1. Telat 3x dianggap absen 1 jam
  2. Absen sebanyak 4 jam dan kelipatannya maka uang bulanan akan dipotong 30.000
  3. Hanya sakit saja diijinkan bolos, namun harus membawa surat keterangan sakit dari dokter
  4. Pulang kampung (keluar dari korea) uang bulanan dipotong 30.000 perhari

Untuk mengikuti TOPIK, siswa KGSP hanya mendapatkan 2x tes yang gratis (dibiayai NIIED) diluar itu, kalau ingin mengikuti lagi, beyar pribadi. Topik berlangsung sebanyak 6x. Pendaftaran TOPIK KGSP dilakukan collective oleh univ masing-masing dan tes dilakukan di univ lain, bukan di univ sendiri.

Nah itulah kondisi dari kelas bahasa para siswa KGSP, memang berat menjalani untu 1 tahun penuh, namun memang sudah menjadi kewajiban yang harus dilaksanakan.

Advertisements

5 thoughts on “Bagaimanakah Korean Language Training untuk KGSP?

  1. Wah makasi udh berbagi pengalaman. Kalo untk S2 kurang lbh sama gak spt S1? Oiya ujian topik kan berlangsung 6x yg dibiayai oleh niied 2x, berarti 4x tes sisanya kita bayar sendiri ya? Untuk bayar tes topik brp?

    Semoga kuliahnya lancar yooo😌😜✌

    Like

  2. Mungkin bagi kita yg belum tau akan susah,tapi kalo kita jalani bner2 mah pasti bisa ya. Sukses terus ya rani! Selalu berikan informasi yang bermanfaat buat kita yg punya cita2 sama kayak kamu.

    Like

  3. Kak, aku dari Bali nih, kalo ngurus keperluan untuk beasiswa itu perlu ngurus ke jakarta ya kak? Trus aku tuh enggak pinter2 amat, kira2 bisa nggak dapet beasiswanya kak?

    Like

  4. misi, mau nanya dong tentang pendaftaran KGSP 2017 ini udah kelar yah ? katanya 2017 cuma nerima 1 orang doang, itu maksudnya gimana yah ? 1 orang/S1 1 orang/S2 atau 1 orang/s1 dan s2 ?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s